Sunday, December 18, 2016

Hari Trikora


Selamat Memperingati Hari TRIKORA

Isi Trikora yang dilaungkan Bung Karno sebagai Presiden pertama Republik Indonesia pada 19 Desember 1961 di Yogyakarta adalah sebagai berikut:
1. Pancangkan Sang Saka Merah Putih di Irian Barat.
2. Gagalkan Negara Boneka Papua Barat bentukan Belanda.
3. Adakan mobilisasi umum.
Trikora, yang isinya tersebut di atas, adalah tiga perintah umum Bung Karno kepada TNI dan rakyat Indonesia untuk membebaskan Irian Barat yang saat itu masih dikuasai penjajah Belanda. Tindakan penguasaan sepihak tersebut merupakan bentuk pengingkaran isi Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda, pada 1949 yang mensyaratkan Belanda menyerahkan seluruh wilayah jajahannya kepada pemerintah sah Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Kendati dalam sumber lain, konon disebutkan makna kata “Irian” adalah “negeri yang panas udaranya”. Di sumber lain lagi, dikatakan itu berasal dari kata dalam bahasa Arab “al ‘uryan” yang berarti “negeri orang-orang yang telanjang”. Konon berdasarkan catatan Ibnu Batutah, sang pengelana legendaris di dunia Arab, saat pertama kali ia menginjakkan kaki di bumi Papua, yang dijumpai adalah orang-orang “telanjang”. Barangkali seperti gambaran yang kita lihat jika melihat suku-suku asli Papua seperti Asmat dan yang lain.

#wonderfulnatuna #natuna #ntx24jiem #ntx24 #natuna24jiem
#trikora #haritrikora #indonesia #senin

OIn

Author & Editor

NTX24 adalah sebuah Personal Web atau Blog yang menyediakan informasi tentang Natuna seperti WISATA PULAU, PANTAI, KESENIAN, BUDAYA dan lain-lain di daerah Kabupaten Natuna.

0 komentar:

Post a Comment