Tuesday, December 27, 2016

RuBI (Ruang Berbagi Ilmu) Natuna


RuBI Natuna yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Desember 2016


Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, M.A, (23/12) membuka kegiatan Ruang Berbagi Ilmu (RUBI), dalam sambutannya beliau menyampaikan Apresiasi sebesar-besarnya kepada pelaksana yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat inspiratif dan mendidik, ini merupakan contoh dari kepedulian para relawan-relawan baik dari panitia pusat maupun panitia lokal.
Beliau berharap, dengan kegiatan RUBI ini bisa menambah ilmu  yang berharga dan bermanfaat bagi para guru yang mengikuti kegiatan ini, meski sudah dalam suasana libur sekolah  tapi bapak ibu masih menyempatkan diri bersama-sama mengikuti apa yang disampaikan oleh narasumber, lebih lanjut beliau pula menyampaikan percepatan pembangunan Natuna tentu mempengaruhi kehidupan berbudaya, saya berharap generasi Natuna harus mencintai budayanya sendiri.
Pengaruh kehidupan sosial harus pula dibarengi dengan menanamkan karakter tangguh dimulai dengan menanamkan nilai-nilai yang baik pada anak-anak, tentu ini menjadi tugas bersama terutama pula oleh para pengajar.
Sambutan dan laporan dari ketua pelaksana yaitu Doby Saputra menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti RUBI ini sebanyak 63 orang, terdiri dari perwakilan guru-guru ditiap kecamatan yang ada dikabupaten Natuna, untuk para relawan pusat berjumlah 18 orang baik sebagai Narasumber, Dokumentator maupun Koordinator daerah.
Dalam Penjelasan dari utusan para relawan pusat mengenai RUBI disampaikan oleh Dona Niagara Gustyara bahwa, kegiatan RUBI merupakan salah satu kegiatan keberlanjutan dari program Yayasan Indonesia Mengajar (IM), IM menginisiasi kegiatan ini dan membuka pendaftaran bagi siapa saja relawan yang ingin bergabung dan mengambil peran, tentu pula melalui tahapan-tahapan. Relawan-relawan ini menggunakan biaya sendiri ke Natuna, mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga berbagai latar belakang keilmuan serta pekerjaan, ada yang konseling, ada sebagai Dosen, ada yang bekerja sebagai Jurnalis, Bank Asing dan sebagainya. Materi utama dalam kegiatan ini adalah tentang Brain Based Teacing yang merupakan pengenalan cara belajar otak anak yang berbeda-beda. Kecerdasan majemuk untuk menumbuhkan pemahaman bahwa ragam dan cara mengajar juga akan mempengaruhi besarnya daya serap siswa atas pelajaran yang diberikan. Kemudian materinya tentang pendampingan anak dan remaja serta motivasi guru.
Dona juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Komunitas Muda Natuna(KOMUNA) yang juga merupakan Panitia Lokal yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini, harapannya Kegiatan Ruang Berbagi Ilmu ini bisa menjadi ruang Interaksi yang bisa menjadi bagian dari motor penggerak kemajuan pendidikan di Natuna yang nantinya dilanjutkan secara mandiri dari pemuda-pemudi dan tenaga pendidik di Natuna.
Ruang Berbagi Ilmu merupakan gerakan kerelawanan yang mengajak para profesional dari pelbagai latar belakang, untuk terjun langsung dalam usaha peningkatan kualitas tenaga pendidik di seluruh Indonesia. Selama satu – tiga hari, para profesional, diajak hadir ke daerah untuk melakukan pelatihan dan pendampingan kepada guru, kepala sekolah, maupun tenaga pendidik lainnya, mengenai sebuah materi tertentu.

Semenjak diinisiasi oleh Indonesia Mengajar pada tahun 2015, Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) telah hadir di 20 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Tercatat 226 profesional dari pelbagai latar belakang, telah berangkat ke 20 lokasi penyelenggaraan RuBI.

Keistimewaan dalam RuBI ini adalah, seluruh relawan yang berkontribusi dalam RuBI telah berkomitmen dengan sukarela untuk memberikan tiga paket iuran, yaitu iuran waktu, tenaga, dan biaya. Artinya, seluruh relawan siap untuk berangkat ke daerah dengan mengatur cutinya sendiri (iuran waktu), siap untuk mempersiapkan materi pelatihan dan pendampingannya sendiri (iuran tenaga), dan siap untuk menganggung seluruh biaya transportasi dan akomodasi yang dibutuhkan untuk pergi ke daerah lokasi penyelenggaraan RuBI (iuran biaya).

Inilah bentuk gotong royong dalam dunia pendidikan. Siapapun dapat memberikan apapun untuk peningkatan kualitas tenaga pendidik di Indonesia.

Sumber : ruangberbagiilmu.org

#RelawanRuBI #RuBI2016 #RuBINatuna
#Relawan #volunteer

OIn

Author & Editor

NTX24 adalah sebuah Personal Web atau Blog yang menyediakan informasi tentang Natuna seperti WISATA PULAU, PANTAI, KESENIAN, BUDAYA dan lain-lain di daerah Kabupaten Natuna.

0 komentar:

Post a Comment