Wednesday, February 12, 2020

Mangrove Sebagai Tujuan Wisata


Bakau/Mangrove adalah tanaman pepohonan atau komunitas tanaman yang hidup diantara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang surut. Habitat Mangrove seringkali ditemukan ditempat pertemuan antara muara sungai dan air laut yang kemudian menjadi pelindung daratan dan gelombang laut yang besar.

Foto : DyanNtn
Mangrove berfungsi sebagai habitat flora dan fauna, pengendali bencana, tempat penyimpanan air, mencegah abrasi dan untuk mengurangi polusi pencemaran udara.

Foto : Zuki
Salah satu tujuan pengembangan Geopark adalah untuk konservasi dlm bentuk menjaga dan melindungi. Unsur/aspek ddlm pengembangan geopark tsb salah satunya adalah keanekaragaman hayati (biodiversity) sperti halnya pepohonan/tanaman jenis Mangrove yg perlu di lestarikan ekosistemnya krna bermanfaat utk khidupan.

Foto : DyanNtn
Di zaman skrg, Mangrove juga dpt difungsikan dan dimanfaatkan utk sumber ekonomi masyarakat dgn memanfaatkan sebagai destinasi wisata dgn membuat pelantar kayu utk pejalan kaki (boardwalk) dskitar Mangrove, menyusuri Mangrove dgn perahu wisata, spot foto, menanam Mangrove dsb.

Foto : DyanNtn
Di kab. Natuna sdh ada beberapa Desa memanfaatkan hutan Mangrove sebagai tujuan wisata diantaranya wisata Mangrove Air Batang Desa Mekar Jaya, Wisata Mangrove Semitan Desa Pengadah, wisata Mangrove Setengar Desa Cemaga Selatan.

Foto : Zuki
Semoga kdepan akan bertambah spot destinasi wisata Mangrove di kab. Natuna Sbagai wujud dari pelestarian lingkungan dan tujuan dari pengembangan geopark.

Foto : Zuki

Foto : Zuki
Jgn lupa kunjungi Natuna ya teman..teman
😉😉😉

Natuna Geopark Indonesia

By : DisparbudNatuna




➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🌏 Blog : ntx24.blogspot.com
🐦 Twitter : ntx24
🔔 Facebook : /wonderfulnatuna
👍 Instagram : @wonderfulnatuna
📹 YouTube : wonderfulnatuna
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#wonderfulnatuna #natuna #ntx #ntx24jiem #wisatanatuna #Mangrove

OIn

Author & Editor

NTX24 adalah sebuah Personal Web atau Blog yang menyediakan informasi tentang Natuna seperti WISATA PULAU, PANTAI, KESENIAN, BUDAYA dan lain-lain di daerah Kabupaten Natuna.

0 komentar:

Post a Comment