Thursday, February 13, 2020

Pulau Midai Pulau Mungil

  


Pulau #Midai, ia merupakan satu pulau kecil yang terletak di gugusan kepulauan Natuna Selatan. Meskipun kecil, tapi pulau #Midai memegang peranan penting terhadap kaupaten #Natuna. 

Foto : QQDrona
Pulau mungil ini memiliki 2 kecamatan, Kecamatan Midai dan Kecamatan Suak Midai. Dahulu di Pulau ini terdapat koperasi / syarikat dagang besar di bawah naungan Kesultanan Riau Lingga, Ahmadi dan Co namanya. Perusahaan yang mengekspor kopra dan hasil bumi #Midai yg lain sampai ke Singapure. Menurut beberapa sumber, dari sini lah ide terbentuknya Koperasi oleh M. Hatta (wapres RI pertama) setelah beliau mengunjungi pulau Midai tahun 1950an.

Foto : QQDrona
Saat ini menuju pulau #Midai sangatlah mudah. Dari Pulau Bunguran ada KM Bukit Raya milik PT. Pelni yang tiap 2 minggu sekali berangkat menuju Midai melalui pelabuhan Selat Lampa, jarak tempuh ke Midai berkisar 4 jam saja. Selain KM Bukit Raya, banyak kapal-kapal perintis lain yang membuka rute kesana. Ditambah lagi dengan kapal-kapal milik nelayan setempat yang kerap lalu lalang Pulau Midai - Selat Lampa.

Pulau #Midai memiliki beberapa destinasi wisata yang asyik, dengan wisata pantai yang mendominasi. Ada pantai Harapan di Desa Air Putih, pantai Tanjung Kapal, pantai WK, dll. Wisata religi dan sejarah juga bisa kita dapatkan disini. Di Kecamatan Suak #Midai terdapat Masjid Zuriyat yang merupakan masjid pertama di pulau itu, dan dulu juga sebagai pusat pemerintahan. Bangunan-bangunan tua masih banyak ditemui di Midai sebagai wisata budaya. 

Foto : QQDrona
Bangunan berarsitektur Melayu hingga kebiasaan penduduknya yang mengaplikasikan budaya melayu dalam kehidupan sehari-hari masih bisa kita temui di Pulau ini.

Tempat-tempat nongkrong kekinian juga banyak tersedia di pulau ini untuk  melengkapi waktu saat kamu kamu semua ketika berkunjung ke #Midai.

Bahasa yang digunakan di Pulau Midai adalah bahasa Melayu Midai, berbeda sedikit dengan Melayu yang dituturkan di Pulau Bunguran. 

By : GenpiNatuna




➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
🌏 Blog : ntx24.blogspot.com
🐦 Twitter : ntx24
🔔 Facebook : /wonderfulnatuna
👍 Instagram : @wonderfulnatuna
📹 YouTube : wonderfulnatuna
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#wonderfulnatuna #natuna #ntx #ntx24jiem #wisatanatuna #midai #pulaumidai

OIn

Author & Editor

NTX24 adalah sebuah Personal Web atau Blog yang menyediakan informasi tentang Natuna seperti WISATA PULAU, PANTAI, KESENIAN, BUDAYA dan lain-lain di daerah Kabupaten Natuna.

0 komentar:

Post a Comment